Pemeriksaan Kanker Gratis di Petuk Katimpu

 

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Petugas kesehatan dari Puskesmas Jekan Raya mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis di Kelurahan Petuk Katimpun, Sabtu (4/2/2023).

Kali ini tim Nakes fokus melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara bagi masyarakat khususnya wanita usia subur (telah menikah).

Kepala UPT Puskesmas Jekan Raya Hariyadi, S.Kep mengatakan pemeriksaan kesehatan gratis ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia.

Deteksi dini terhadap penyakit ini dilakukan dengan tes IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) yang merupakan pemeriksaan skrining kanker serviks dengan pemberian asam asetat atau asam cuka pada leher rahim selama 1 menit.

Sedangkan tujuan pemeriksaan IVA untuk mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim.

Sementara sasarannya adalah para ibu dan wanita usia subur usia 15-50 tahun. Selanjutnya dari hasil deteksi dini IVA test akan dilakukan upaya penanggulangan dan penanganan terhadap para pasien yang terdeteksi. (MC Kota Palangka Raya.2/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*